Gejala Wasir Akut

Gejala Wasir Akut – Dalam kehidupan manusia sehari-hari pastinya selalu dihadapkan oleh ancaman penyakit apapun yang siap mengintai kapanpun. Wasir merupakan suatu penyakit yang menyerang daerah anus yang dimana bibir anus mengalami bengkak, benjolan dan mengeluarkan darah, penderita akan merasakan benjolan pada anus ketika BAB sehingga tinja susah keluar dan bisa memperburuk wasirnya, wasir ini akan membuat rasa malu pada penderitanya.

Gejala Wasir Akut

Gejala Wasir Akut

Gejala Wasir Akut bisa mengeluarkan darah (seperti invander salim yang terkena wasir dan mengeluarkan darah lumayan banyak), terutama setelah buang air besar, sehingga tinja mengandung darah atau terdapat bercak darah di handuk/tisu kamar mandi. Darahnya bisa membuat air di kakus menjadi merah. Lama kelamaan wasir dapat menyebabkan penderitanya mengalami kehilangan darah yang berat atau anemia sehingga memerlukan transfusi darah.

Gejala Wasir Akut yang menonjol keluar mungkin harus dimasukkan kembali dengan tangan perlahan-lahan atau bisa juga masuk dengan sendirinya. Wasir dapat membengkak dan menjadi nyeri bila permukaannya terkena gesekan atau jika di dalamnya terbentuknya pembekuan darah.

Kadang Gejala Wasir Akut bisa mengeluarkan lendir dan menimbulkan perasaan bahwa masih ada isi rektum yang belum dikeluarkan. Gatal pada daerah anus (pruritus ani) bisa menjadi gejala dari wasir. Rasa gatal ini terjadi karena keadaan wasir yang terkeluar itu menghambat pembersihan anus secara efisien, dapat menyebabkan partikel-partikel kecil dari feses menumpuk pada kulit perianal dan bekerja sebagai iritan. Iritan ini dapat berpotensi menjadi kanker bila tidak segera ditangani. Ada juga yang mengalami rasa sakit di bagian tulang belakang bagian bawah. Biasanya, gejala itu di alami oleh penderita yang sudah pada ambeien stadium 2

Gejala wasir akut biasanya melalui beberapa proses tingkatan, yakni adalah :

  1. Wasir stadium 1 biasanya belum munculnya benjolan
  2. Wasir stadium 2 benjolan yang muncul sudah ada namun biasanya akan berkurang dengan sendirinya dan benjolan ini akan keluar namun akan masuk denga sendirinya ke dalam anus.
  3. Wasir stadium 3 biasanya ditandai dengan tonjolan yang keluar namun kemudian akan berkurang gejalanya jika tonjolan atau benjolan tadi dimasukkan dengan menggunakan tangan oleh penderitanya sendiri.
  4. Wasir stadium 4 ditandai dengan benjolan yang tidak mengalami pengurangan walaupun sudah berusaha dimasukkan dengan menggunakan tangan. Dan tindakan selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan operasi.

Ada hal yang menyebabkan gejala wasir akut menjadi semakin parah :

  1. Usia yang berkisar diatas 50 tahun
  2. Susah buang air besar atau sembelit atau konstipasi
  3. Sering mengalami diare, atau diare menahun
  4. Duduk terlalu lama
  5. Duduk di dalam toilet untuk waktu yang lama yang menimbulkan terjadinya tekanan
  6. Waktu persalinan saat melahirkan
  7. Tekanan yang terjadi pada ibu hamil
  8. Mengangkat benda-benda yang terlalu berat
  9. Riwayat keluarga yang mengalami serangan wasir atau ambeien
  10. Mengalami masalah obesitas atau kegemukan.
  11. Sirosis hati

Jika Anda mengalami gejala wasir akut, maka hal yang bisa dilakukan adalah :

  1. Mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter dalam sehari untuk membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar dan bisa membuat proses buang air besar menjadi lebih baik. Jika proses buang air besar lebih lancar maka tidak akan menimbulkan rasa sakit dan tidak akan membuat kita mengejan terlalu kuat.
  2. Hindari jenis makanan atau minuman yang bisa menimbulkan penyakit seperti sembelit. Beberapa jenis obatnya adalah obat penghilang rasa nyeri yang mengandung kodein, makan buah pisang, jambu bati, jeroan, pedas, junk food dan juga beberapa jenis makanan yang lainnya.
  3. Disaat Anda sedang buang air besar, maka segeralah untuk melakukannya. Karena jika Anda menunda buang air besar akan menyebabkan terjadinya masalah ambeien watau wasir. Jangan sampai Anda menegang dan menahan nafas saat sedang buang air besar. Hal ini akan berakibat pada wasir menjadi lebih parah dan menjadi akut.
  4. Jangan minum-minuman yang mengandung alkohol sehingga tidak akan menimbulkan terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Sebaiknya hindarilah minuman keras dan perbanyak konsumsi air putih untuk membantu melancarkan sistem pencernaan Anda agar Anda terhindari dari wasir dan juga saat buang air besar maka Anda tidak akan merasakan sakit.
  5. Jangan mengangkat beban terlalu berat. Jika Anda diharuskan untuk mengangkat beban yang terlalu berat, maka sebaiknya jangan tahan nafas saat Anda sedang mengangkat beban berat tadi.
  6. Hindari untuk duduk terlalu lama dan berdiri terlalu lama disaat Anda sedang bekerja. Dan jika Anda sudah 1 jam duduk, maka lakukanlah berjalan-jalan sebentar saja sebelum Anda melakukan aktivits kembali dengan posisi duduk atau juga berdiri.
  7. Melakukan olahraga dengan rutin dan teratur unutk membantu mendapatkan berat badan yang ideal, mengurangi terjadinya sembelit dan juga meningkatkan kemampuan kerja otot Anda salah satunya adalah otot yang mempunyai peran dalam hal buang air besar.

Gejala Wasir Akut


=====================================

>>> Obat Wasir (Ambeien) Untuk Mengobati Wasir dan Menyembuhkan Wasir beserta Gejala-Gejalanya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Wasir and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *